Peluang Usaha Bisnis. Informasi 082187084660. Klik www.GNI-asia.com

10.1.12

Cara Menggunakan Kata Kunci pada Mesin Pencari Google

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. (Dikutip dari Wikipedia Indonesia). Untuk menggunakan mesin pencari, Anda harus mengetikkan kata kunci pada mesin pencari yang digunakan. Cara agar informasi yang Anda butuhkan terdapat pada mesin pencari tentulah adalah dengan menggunakan kata kunci secara tepat sehingga hasil pencarian Anda relevan atau sesuai dengan yang Anda inginkan.
 

Mesin pencari google sendiri sampai saat ini adalah mesin pencari yang utama dan banyak digunakan. Google muncul di akhir tahun 1997, dimana Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia.
 

Bagaimana cara menggunakan kata kunci pada mesin pencari google agar hasil pencarian Anda sesuai dengan informasi yang kita butuhkan. Sebagai pengantar, Anda bisa mengenali bagaimana cara Google menggunakan query yang Anda ketikkan pada textbox yaitu semua kata yang diketikkan pada textbox Google search akan digunakan dalam proses pencarian, pencarian yang dilakukan Google adalah case insensitive (tidak membedakan antara huruf besar dan kecil) dan tanda baca seperti: @#$%^&*()=[]\ lebih sering diabaikan oleh mesin pencari (kecuali pada beberapa kondisi tertentu).
 

Dari pengantar tersebut beberapa hal yang saya lakukan agar hasil yang saya inginkan sesuai dengan apa yang saya ketikkan pada mesin pencari
 

1. Menggunakan tanda kutip pada kata kunci
Tanda kutip digunakan untuk memberikan prioritas pada kata kunci yang diketikkan. Misalnya Anda ingin mencari informasi tentang bisnis online saat Anda hanya mengetikan kata kunci bisnis online tanpa tanda kutip maka semua web atau blog yang terdapat kata bisnis dan online akan muncul pada hasil pencarian. Berbeda jika Anda menggunakan tanda kutip “bisnis online” maka hasil pada mesin pencari kemungkinan akan lebih relevan dengan informasi yang Anda butuhkan.
 

2. Menggunakan tanda tambah
Biasanya saat saya mencari informasi tetapi informasi tersebut saya butuhkan hanya dari kriteria tertentu atau blog tertentu saya mengetikkan kata kunci (menggunakan tanda petik) kemudian selanjutnya menggunakan tanda tambah kemudian menambahkan kata untuk kriteria informasi tersebut. Misalnya saya membutuhkan informasi tentang Bisnis Online BlakBlakan tetapi saya hanya ingin informasi tersebut dari blogspot maka saya mengetikkan kata kunci “Bisnis Online BlakBLakan” + blogspot.
 

3. Menggunakan tahun atau bulan setelah kata kunci
Ini saya lakukan saat akan mencari informasi yang up to date. Misalnya saat Anda mencari lowongan pekerjaan maka sebaiknya mengetikkan kata kunci “lowongan pekerjaan di PT….” + 2012 sehingga hasil pencarian Anda adalah lowongan pekerjaan di tahun 2012 ini.
 

Itulah beberapa hal yang saya lakukan terkait cara menggunakan kata kunci pada mesin pencari google. Untuk lebih lengkap dan jelas berikut saya kutip teknik pencarian yang tepat di Google yaitu:
Sederhanakan kata kunci/query (penggunaan keyword yang panjang saat melakukan pencarian di Google tidaklah membantu menemukan apa yang Anda cari, apalagi jika terlalu banyak kata yang tidak relevan dengan kata kuncinya. Misal Anda ingin mencari page tentang tips merawat BlackBerry, Anda tidak perlu mengetikkan ‘bagaimana sih cara merawat BlackBerry?’ atau ‘seperti apakah cara merawat BlackBerry yang benar?’ Ingat, mesin pencarian Google tidak berfungsi menjawab pertanyaan Anda, tapi menggunakan keyword yang Anda ketikkan sebagai fokus pencarian. Pada kasus seperti itu, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan relevan dengan mengetikkan ‘tips merawat blackberry’ atau ‘merawat blackberry’.
Jelaskan apa yang anda cari dengan syarat sedikit mungkin. Misalnya : “laporan cuaca di jakarta hari ini” gantilah dengan “cuaca jakarta”.
Pikirkan bagaimana halaman yang Anda cari ditulis didalam sebuah konten/halaman. Mesin pencari bukanlah manusia, mesin pencari mencocokan apa yang anda cari dengan konten dari halaman yang ada, maka gunakanlah bahasa yang lebih sering digunakan. Misalnya: “mesin elektrik pembuat kopi” diganti dengan “coffee maker”.
Pilihan kata penjelasan. Semakin unik/spesifik kata penjelasan yang anda masukan, makin relevan pula hasil yang akan Anda dapatkan. Contoh untuk kata restoran, masukan kata pejelasan sesuai yang Anda maksud seperti restoran sunda, restoran eropa, restoran vegetarian, dan sebagainya. (Sumber http://edutechnolife.com/teknik-pencarian-yang-tepat-di-google-panduan-lengkap/)
 

Semoga postingan Cara Menggunakan Kata Kunci pada mesin Pencari Google ini bisa membantu Anda agar hasil dari mesin pencari Google benar-benar sesuai dengan informasi apa yang Anda inginkan. Atau apakah Anda mempunyai cara yang lain, silahkan berbagi di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment