Peluang Usaha Bisnis. Informasi 082187084660. Klik www.GNI-asia.com

3.1.12

Meneladani Sikap Pendiri Google

Saat memutuskan untuk ikut Berbisnis Online, pertanyaan tentang apa tujuan Anda berbisnis online harusnya bisa dijawab secara jelas dan langsung tanpa perlu berpikir lagi. Yah, saya bisa menebak sebagian besar pasti menjawab untuk mendapatkan penghasilan tambahan (pendapatan langsung, bonus, royalty dan sebagainya). Tetapi pertanyaan selanjutnya apa yang SUDAH kita lakukan untuk mencapai tujuan itu? Sebagian orang kadang masih berpikir atas jawaban pertanyaan ini.

Saya ambil contoh di Bisnis Online BlakBlakan, saat tugas kita hanya perlu mempromosikan web replika, sebagian besar orang kadang TIDAK SERIUS melakukannya. Mereka TIDAK SERIUS karena berpikir apakah yang dilakukannya kemungkinan tidak ada hasilnya, sekali lagi di pikiran mereka hanya TUJUAN tapi bukan tentang CARA MENCAPAI TUJUAN itu.

Berikut sebuah kisah yang saya kutip dari buku “7 Langkah Mudah Mencari Uang Lewat Blog” karya Eko Nurhuda (Bung Eko) yaitu tentang Meneladani Sikap Pendiri Google.

“Waktu itu, teknologi mesin pencari belum secanggih sekarang. Alih-alih membantu pencarian, kebanyakan mesin pencari justru menambah pekerjaan bagi penggunanya. Sebagai contoh jika kita ketikkan kata “mobil” di dalam kotak pencarian Alta Vista, situs pencari nomor satu waktu itu, maka semua halaman situs yang mengandung kata “mobil” akan ditampilkan dihalaman hasil pencarian. Padahal tidak semua halaman tersebut relevan dengan topik mobil seperti yang diinginkan pencari. Akibatnya, pencari masih harus menyortir halaman-halaman tersebut sampai menemukan halaman yang sesuai.
Nah, melihat kerepotan itulah Larry dan Sergey yang sebenarnya tidak saling cocok satu sama lain kemudian bahu membahu menciptakan satu teknologi baru dalam dunia search engine (mesin pencari). Tujuannya hanya satu, yakni membuat mesin pencari yang dapat benar-benar mempermudah pengguna internet ketika mencari informasi yang diinginkannya.
Setelah berkutat dalam penelitian beberapa lama, akhirnya mereka berhasil mengkreasi PageRank, sebuah teknologi pencarian berbasis relevansi. Bahasa Algoritma PageRank akan menyusun halaman-halaman web berdasarkan relevansinya terhadap kata tertentu. Tingkat relevansi ini ditentukan oleh seberapa banyak situs yang memberikan tautan pada suatu halaman tertentu. Tautan-tautan ini seperti referensi atau atau rujukan. Sehingga, banyaknya jumlah tautan yang mengarah ke satu halaman secara atomatis akan membuatnya mempunyai tingkat relevansi tinggi.
Teknologi baru ini pun lantas dicobakan pada sebuah mesin pencari bernama BackRub. Mesin pencari baru ini mula-mula dipakai di lingkungan Universitas Stanford. Hasilnya? Sukses besar. Kesaksian para pengguna BackRub mengindikasikan kalau mesin pencari tersebut bekerja sesuai harapan kebanyakan pengguna internet.
Kesuksesan BackRub di ajang uji coba membuat duet Larry Page dan Sergey Brin tertantang mengoperasikannya di dunia internet yang sesungguhnya. Nama BackRub lantas diganti menjadi Google seperti yang kita kenal sekarang.
Ketika Google semakin berkembang, Larry dan Sergey merasa harus mencari dana investor untuk memperbesar kapasitas server dan komputer yang digunakan Google. Pucuk di cinta ulam pun tiba. Berkat bantuan seorang investor Mountain View yang bernama Andy Bechtolseim, Google Guys mendapatkan pinjaman dana sebesar US$100.000.
Lucunya, Andi menuliskan cek tersebut untuk Google Inc., sementara perusahaan itu belum didirikan. Alhasil, cek belum bisa diuangkan dan memaksa Google Guys mencari dana segar lain dari saudara , keluarga dan teman-teman mereka. Upaya mereka berhasil. Dana tunai US$ 1 juta mereka peroleh dan berdirilah Google Inc.
Pada masa-masa awalnya berdirinya, Google tidaklah profit oriented (berorientasi pada keuntungan). Sergey dan Larry hanya berpikir bagaimana Google dapat memberikan yang terbaik bagi pengguna internet. Semakin hari, mereka semakin mempercanggih teknologi PageRank dan memperbesar kapasitas server agar dapat menyimpan lebih banyak data. Mereka sama sekali tidak berpikir cara memperoleh penghasilan dengan mesin pencari tersebut. Google pun sekarat, karena dana simpanan habis terpakai sedangkan pemasukan tidak ada.
Ketika kemudian Google memperoleh dana tambahan dari John Doerr dan Michael Moritz, dua investor kakap di Silicon Valley, dana tersebut juga mereka gunakan untuk menambah kapasitas penyimpanan dan kualitas pencarian Google. Setelah diultimatum oleh para investornya barulah Google mencari CEO untuk mengatur cashflow perusahaan agar berjalan lebih baik. Terpilihlah Eric Schmidt, mantan CEO Novel Inc., dan CEO Sun Microsystem, sebagai CEO pertama Google yang tetap bertahan sampai sekarang.
Meski sempat hampir bangkrut, kehebatan teknologi PageRank menjadikan Google mesin pencari nomor satu. Pengguna internet lebih puas dengan hasil pencarian yang ditampilkan Google ketimbang mesin pencari lain karena jauh lebih relevan. Keunggulan inilah yang kemudian dimaksimalkan Google untuk mencari pemasukan. Salah satunya dengan meluncurkan program Google Adsense pada 18 Juni 2003. Nama Google kian berkibar menjadi semakin disegani kompetitornya.”

Apa yang dapat dipelajari dari cerita diatas? Well, tak lain dan tak bukan bahwa memulai sesuatu dengan spirit money oriented atau profit oriented tidak akan memberikan hasil maksimal. Kenapa? Karena profit atau ,money adalah “hasil” sehingga orang cenderung lebih cepat kecewa jika “merasa” sudah berusaha keras, tapi “hasil”-nya tidak sesuai harapan. Sebaliknya dari cerita diatas, Teladanilah Sikap para Pendiri Google, yang terpenting adalah “melayani” orang lain sebaik-baiknya.

Saya pribadi mempunyai Resolusi Bisnis Online BlakBlakan di Tahun 2012 ini, dan yang saya lakukan adalah dengan memberikan informasi tentang Bisnis Online pada umumnya dan khususnya Bisnis Online BlakBlakan di blog Dunia Berbisnis Online ini. Jadi, apa tujuan Anda berbisnis Online dan apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai tujuan itu? Silahkan berbagi di kolom komentar.

8 comments:

  1. Salam kenal dan salam sukses untuk Anda, sebuah review bisnis dan posting yang sarat dengan informasi serta sebuah pola motivasi dan inspirasi yang menggugah spirit, bravo

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kunjungan dan ini adalah komentar perdana di blog ini. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. kunjungan perdana ni bos dan salam kenal ya dari pemula

    ReplyDelete
  4. Wah tamu dari member sekolah.in datang berkunjung, semoga sukses dengan Amazonnya mas.

    ReplyDelete
  5. spirit ... kisah yg cukup menggugah bagi yg ingin sukses

    ReplyDelete
  6. Terima kasih kunjungannya. Salam Sukses. :)

    ReplyDelete
  7. kunjungan perdana.. salam kenal.. terus berkarya..happy blogging

    ReplyDelete
  8. Salam kenal juga. Terima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete